3 Kiper Dengan Catatan Cleansheet Terbanyak di UCL

iker casillas

Seorang penjaga gawang yang hebat sangatlah penting dimiliki oleh klub raksasa Eropa, terlebih lagi penjaga gawang tersebut sarat akan pengalaman yang tentu bakal membantu sebuah tim eropa melangkah jauh di turnamen Liga Champions Eropa.

Nah, dalam sejarah UCL, ada beberapa penjaga gawang yang telah mencatatkan Cleansheet (Tak kebobolan dalam 1 pertandingan) terbanyak, siapa saja mereka?

1. Edwin Van Der Sar

Tak terpungkiri lagi bahwa mantan Kiper timnas Belanda dan Manchester United ini adalah salah satu kiper terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepak bola. Dia pernah membela 3 klub sekaligus di ajang Liga Champions Eropa mulai dari Ajax Amsterdam, Juventus kemudian Manchester United. Dan bersama 3 klub tersebut, dia sudah mencatatkan total 51 Cleansheet di Liga Champions dari total 98 pertandingan yang ia mainkan.

2. Iker Casillas

Meski belakangan ini performanya tengah meredup, tetap saja tidak bisa disangkal lagi bahwa Casillas merupakan salah satu penjaga gawang terbaik dunia, lihat saja trofi sebagai kiper terbaik dunia yang telah dia pertahankan selama 5 tahun beruntun. Di ajang Liga Champions bersama Real Madrid sejak tahun 1999 silam, Casillas telah mencatatkan 143 pertandingan dan berhasil melakukan Cleansheet di 48 pertandingan.

3. Petr Cech

Kiper Tim Nasional Republik Ceko ini memang sungguh Fantastis, bisa dikatakan dia adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah Timnas Ceko meski hanya berposisi sebagai penjaga gawang. Bermain untuk Chelsea dan Sparta Praha di ajang UCL, Cech telah mencatatkan 46 Cleansheet dari total 104 laga yang ia mainkan.