Banyak Protes, Pelatih Besiktas Disanksi UEFA

Slaven Bilic

Akibat banyak protes dengan wasit yang memimpin laga kontra Arsenal, pelatih yang merupakan mantan pemain West Ham United itu tak boleh tampil di Leg kedua.

Besiktas FC, klub Liga Super Turki itu berhadapan dengan Arsenal dalam Babak Play Off Liga Champions Eropa Musim 2014/15. Mereka gagal menuai kemenangan kala menjamu Meriam London di Leg Pertama pada tanggal 20 agustus kemarin, pertandingan berakhir dengan skor imbang tanpa satu gol pun tercipta di sepanjang 90 Menit.

Dalam laga tersebut ada sejumlah insiden yang cukup kontroversial, salah satunya adalah aksi protes yang dilakukan oleh Slaven Billic, pelatih Tim Tuan Rumah yang mencemooh keputusan wasit dalam laga itu. Akibatnya, Wasit langsung mengusir sang pelatih dari tempatnya, beberapa menit jelang pertandingan berakhir.

UEFA Sendiri ternyata tak tinggal diam, pelatih yang merupakan mantan pemain West Ham United itu mendapatkan sanksi dari UEFA berupa larangan menemani Besiktas di Leg Kedua yang akan berlangsung di Emirates Stadium pekan depan. Itu hanya sanksi perdana, masih ada kemungkinan bagi Slaven Billic untuk mendapatkan sanksi yang lebih berat lagi dari itu.

Slaven Billic sendiri mengaku bersalah atas tindakannya itu, bahkan dia langsung meminta maaf kepada Arsene Wenger dan pihak-pihak terkait yang merasa dirugikan. Dia juga sempat berharap agar tidak mendapatkan sanksi dari UEFA, tapi apa daya, UEFA tetap memberikan sanksi kepada Slaven Billic.

Pertandingan yang berlangsung di Attaturk Olympic Stadium itu sebenarnya didominasi dengan baik oleh Besiktas, namun sejumlah peluang yang mereka peroleh gagal berujung baik.