Belanda 2-3 Republik Ceko

Turki mengalahkan Islandia dengan skor 1-0
Belanda gagal lolos ke putaran final Euro 2016

Huntelaar 70 ‘
van Persie 83 ‘

Kaderábek 24 ‘
Sural 35 ‘
van Persie 66 ‘(og)

Usaha Belanda untuk dapat lolos ke putaran final Euro 2016 berakhir dengan kegagalan saat Robin van Persie mencetak gol bunuh diri dan timnya mengalami kekalahan atas Republik Ceko yang bermain hanya dengan 10 orang pemain.

Belanda harus meraih kemenangan dan Islandia harus mengalahkan Turki jika Belanda ingin mendapatkan peluang untuk tampil di babak play-off, tapi kesalahan Van Persie membuat mereka tertinggal dengan skor 3-0 meskipun Mark Suchy menerima kartu merah. Klaas-Jan Huntelaar dan Van Persie membalas gol dari Pavel Kaderabek dan Josef Sural, tapi akhirnya Turki berhasil meraih tempat ketiga. Tim asuhan Fatih Terim itu mengalahkan Islandia dengan skor 1-0.

Turki Lolos Otomatis

Pemain Turki, Gokhan Tore menerima kartu merah di menit ke-78 saat pertandingan itu tampaknya akan berakhir imbang, tetapi gol yang dicetak Selcuk Inan di menit-menit terakhir membuat mereka mengklaim kemenangan dramatis. Hasil itu berarti Turki lolos ke turnamen musim panas mendatang di Perancis sebagai tim urutan ketiga dengan peringkat tertinggi dari sembilan kelompok kualifikasi. Ukraina dan Norwegia meraih tempat ketiga di kelompok masing-masing dan memiliki poin lebih banyak dari Turki.

Tapi hasil terhadap tim berperingkat terbawah di kelompok masing-masing tidak dihitung – dan itu membuat Turki menjadi tim dengan poin terbanyak. “Sebagai negara, kami benar-benar membutuhkan kemenangan ini untuk merasa bahagia, bahkan jika hanya untuk beberapa jam,” kata Terim. “Kami sangat senang telah bisa memberikan sejumlah kebahagiaan kepada rakyat kami.”

Seperti diketahui, Danny Blind telah resmi terpilih menjadi pelatih Tim Nasional Belanda setelah berakhirnya masa jabatan Guus Hiddink beberapa waktu lalu. Tentu saja, untuk memperlancar pekerjaan nya sebagai taktikal De Oranje, Danny Blind membutuhkan seorang asisten yang handal nan cekatan juga berpengalaman, nah ternyata ayah Daley Blind ini menginginkan Legenda Timnas Belanda, Marco Van Basten untuk menjadi pendampingnya di timnas Belanda.

Kabar tersebut disampaikan oleh Direktur AZ Alkmaar, Ernest sebagaimana sebelumnya Van Basten Menjabat sebagai Asisten pelatih di klub tersebut.

“Masih ada beberapa detail kesepakatan yang harus dirampungkan (antara Van Basten dengan KNVB), sehingga belum jelas seberapa cepat dia akan pergi, tapi yang bisa saya pastikan, sekarang Van Basten masih menyandang status sebagai asisten pelatih di AZ Alkmaar”