Disebut Tak Berprestasi oleh Presiden Jokowi, Ini Kata PSSI

Azwan Karim selaku Sekretarian Jendral PSSI mengungkap keberhasilan Timnas U-19 menjuarai Piala AFF 2013 sebagai salah satu bukti kesalahan anggapan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.
jokowi
Sebagaimana diketahui, Indonesia sudah diberikan sanksi oleh FIFA berupa larangan mengikuti kompetisi atau menyelenggarakan pertandingan berskala internasional dalam batas waktu yang tidak ditentukan. Sanksi ini diturunkan menyusul anggapan adanya intervensi dari Pemerintah (dalam kasus ini Menpora) terhadap kinerja PSSI sebagai Federasi Sepakbola Indonesia yang diakui dan terdaftar dalam keanggotaan FIFA.

Ketika Sanksi diturunkan, Presiden Joko Widodo mengaku sepenuhnya mendukung keputusan Menpora Imam Nahrawi untuk membekukan PSSI, pernyataan sang presiden berdasarkan fakta minimnya prestasi sepakbola Indonesia selama ini. Namun, apa yang dikatakan Presiden Jokowi menyinggung Prestasi Indonesia di kancah Internasional membuat PSSI merasa tersinggung, lewat Sekjen Azwan Karim pun mereka mengungkit keberhasilan Timnas U-19 menjuarai Piala AFF u-19 di tahun 2013 lalu.

“Hal itu perlu disampaikan supaya pihak-pihak yang selama ini mengecilkan arti dari perjuangan PSSI tidak lupa dan terbuka mata hatinya. Termasuk terhadap pernyataan Presiden RI, Joko Widodo, yang sebelumnya beranggapan bahwa sepakbola Indonesia nihil Prestasi”

“Jika tidak Prestasi, apakah teman-teman pemain timnas U-19 ketika itu yang menjadi juara dan piala nya sekarang ini ada di PSSI bukan merupakan prestasi?” Ujar sekjen PSSI, Azwan Karim.

Indonesia U-19 pada tahun 2013 lalu memang sukses jadi Juara Piala AFF U-19 usai mengalahkan Vietnam di laga final.