Eduardo Pensiun Dari Timnas Kroasia

eduardo da silva

ZAGREB – Bomber Kroasia berdarah Brasil, Eduardo da Silva, akhirnya memilih gantung sepatu dari tim nasional. Dirinya merasa frustasi akibat tidak diperlakukan dengan layak seperti pemain lain.

Eduardo mengumumkan keputusan ini usai tak mendapatkan kesempatan di Piala Dunia 2014 yang telah berakhir. Dia hanya tampil sebagai pemain pengganti pada menit ke-68 kala Kroasia berhadapan dengan Kamerun.

“Saya berbicara kepada federasi sepakbola Kroasia jika saya tak ingin lagi tampil dengan tim yang sudah saya 64 kali, sejak bermain pertama kali di tahun 2004 lalu,” tutur penyerang berusia 31 tahun itu di laman resmi FIFA.

“Pada beberapa tahun ini ada saat-saat dimana saya merasa frustasi karena perlakukan yang tidak baik. Saya meyakini jika saya sudah tidak mendapatkan perlakukan yang jujur dan adil,” imbuhnya.

Eduardo terbang ke Eropa setelah dibawa oleh pemandu bakat dari klub Dinamo Zagreb kala dirinya masih berusia 16 tahun. Selama enam musim dari 2001 sampai 2007 dirinya selalu memperkuat Zagreb kendati sempat dipinjamkan.

Lalu pada musim panas 2007 dia direkrut oleh kklub besar Premier League, Arsenal, namun gagal mencapai performa terbaik. Lantas ia bergabung dengan Shakhtar Donetsk pada 2010 lalu. Kini setelah kontraknya habis, ia kabarnya tengah mengadakan negosiasi dengan klub di Brasil, Flamengo.

Di pentas internasional, Edu mengawali debutnya pada 16 November 2004 silam dan sampai hari ini dia sudah mencetak 29 gol dari 64 kali bermain. Dia menempati daftar kedua top skorer timnas Kroasia dibelakang Davor Suker (45 gol).