Hazard – Belgia Layak Lolos Kualifikasi Euro 2016

penalti Hazard yang kedua berhasil digagalkan
Hazard mengenakan ban kapten menggantikan Vincent Kompany

Kapten sementara Belgia, Eden Hazard merasa senang melihat timnya memastikan diri lolos dari babak kualifikasi untuk Euro 2016 dengan kemenangan 4-1 atas Andorra, Sabtu lalu.

Pemain sayap Chelsea tersebut mengenakan ban kapten menggantikan Vincent Kompany yang cedera dan melihat timnya naik ke puncak Grup B dengan kemenangan tandang yang mutlak, dengan satu-satunya hal negatif yang terjadi adalah kebobolan gol dari titik penalti di awal babak kedua. Radja Nainggolan, Kevin De Bruyne dan pemain debut Laurent Depoitre adalah pencetak gol bagi Belgia bersama dengan Hazard, yang memiliki dua peluang dari titik penalti, ia mencetak satu gol, tetapi penaltinya yang kedua berhasil digagalkan. Setelah mencapai partai perempat final pada Piala Dunia 2014, Belgia kini mencapai putaran final Euro untuk pertama kalinya sejak mereka menjadi tuan rumah bersama pada tahun 2000 dan Hazard senang untuk mendapatkan hasil tersebut.

“Untuk dapat lolos dari tahap kualifikasi selalu merupakan hal yang bagus,” kata pemain berusia 24 tahun – yang kini telah mencetak lima gol dalam tujuh pertandingan internasional terakhirnya – kepada RTBF. “Dalam pertandingan ini, kami melakukan pekerjaan dengan baik dan kami pantas untuk lolos dari tahap kualifikasi ini. Mereka tidak ingin diremehkan, tapi secara keseluruhan kami berhasil menguasai permainan dengan baik kecuali untuk 10 menit pertama di babak kedua. “Beberapa pemain mereka telah meminta jersey saya selama pertandingan, tetapi saya tidak memiliki cukup untuk diberikan kepada mereka! Itu selalu merupakan hal yang baik. Mereka memiliki kesempatan untuk bermain melawan profesional – kita harus ingat bahwa mereka adalah amatir. Kami sangat menghormati mereka.

“Ini akan menjadi pertandingan yang akan kami nikmati pada hari Selasa di depan fans kami sendiri – kami akan mengadakan pesta yang bagus. Kami berada di Perancis sekarang dan rasanya luar biasa.” Mengenai kegagalannya dalam melaksanakan tendangan penaltinya yang kedua di pertandingan tersebut, Hazard bercanda: “Para kiper sudah mengenal saya sekarang!” Pertandingan kualifikasi terakhir Belgia pada hari Selasa adalah pertandingan kandang melawan Israel, yang membutuhkan hasil positif jika mereka ingin memiliki kesempatan untuk mengalahkan Bosnia-Herzegovina untuk meraih tempat ketiga di belakang Wales dan Marc Wilmots.