Indonesia Ternyata Pernah Raih Trofi Piala Asia U-19

timnas u19

Dua hari lagi, tepatnya tanggal 10 Oktober 2014, Tim Nasional Indonesia U-19 akan memulai kiprah mereka di Piala Asia U-19 di Myanmar. Tentu saja, kompetisi itu sangat bergengsi dan sangat penting bagi skuat asuhan Indra Sjafri untuk mengharumkan nama Indonesia.

Berbicara soal Piala Asia U-19, ternyata Indonesia sempat menyabet trofi dalam turnamen tersebut, tepatnya pada tahun 1961 Silam. Turnamen yang berlangsung di Bangkok, Thailand itu sukses dimenangkan oleh Timnas U-19, hanya saja kala itu penghargaan Juara dibagi dua, untuk Indonesia dan Burma (Sekarang Myanmar).

Saksi hidup dari keberhasilan Tim muda Indonesia adalah Bob Hippy salah satu petinggi PSSI sekarang, Bob bercerita bagaimana saat itu perjuangan Indonesia U-19 dalam meraih trofi Piala Asia U-19, dimana mereka berhasil menjadi juara Group A menaklukan 4 Negara Hebat lainnya sebelum melaju ke final melawan Burma. Kontestan lain di Group A Masing-masing adalah Jepang, Korea Selatan, Singapura, Vietnam dan Jepang.

Uniknya, pada partai final, sepanjang 90 menit waktu berjalan, tidak ada satu gol pun yang tercipta, alhasil raja Thailand saat itu memutuskan agar gelar juara dibagi dua saja, karena kedua tim sudah berjuang habis-habisan, dia merasa tak tega jika pada akhirnya salah satu kontestan kalah dan kecewa.

“Padahal, ketika itu kami sudah siap-siap menjalani babak perpanjangan waktu atau adu penalti, tapi Raja Thailand kasihan melihat kedua tim sudah berjuang mati-matian untuk menjadi juara, jadi agar tidak ada pihak yang kecewa, trofi ini dijadikan sebagai juara bersama, dan saat itu tidak ada yang menolak keputusan raja Thailand” demikian papar Bob kepada Goal Indonesia.

Akankah Evan Dimas Cs bisa mengulang kembali kisah sukses Timnas U-19 di masa lalu? Kita nantikan saja.