Ini Pembagian Pot Euro 2016

euro-2016-franceBabak Play-off Euro sudah berakhir beberapa waktu lalu. Ukraina dan Swedia jadi dua tim terakhir yang lolos dari jalur playoff ke Prancis 2016. Itu artinya kini kontestan yang akan bertarung di Euro 2016 mendatang sudah komplit jumlahnya. Sudah ada 24 tim yang telah memastikan diri akan tampil di putaran utama Euro tahun depan.

UEFA pun sudah mengumumkan pembagian Pot untuk drawing fase grup yang akan digelar di Paris pada 12 Desember mendatang. Tuan rumah Prancis sendiri tidak dimasukkan ke dalam drawing. Sang tuan rumah sudah mendapat jatah spesial ditempatkan langsung di grup A. Itu artinya pot 1 akan diisi oleh lima tim, karena satu jatah sudah diberikan kepada tuan rumah. Sedangkna tiga pot lainnya akan diisi oleh enam tim.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat pembagian pot yang telah dilansir oleh UEFA di bawah in.

Pot 1:
Spanyol (juara bertahan)
Jerman
Inggris
Portugal
Belgia

Pot 2:
Italia
Rusia
Swiss
Austria
Kroasia
Ukraina (playoff)

Pot 3:
Republik Ceko
Swedia (playoff)
Polandia
Rumania
Slovaki
Hungaria (playoff)

Pot 4:
Turki,
Republik Irlandia (playoff)
Islandia
Wales
Albania
Irlandia Utara

Dari ke-24 tim tersebut akan dibagi menajdi enam grup yang masing-masing terdiri dari empat tim. Dua tim teratas berhak lolos ke fase knockout. Ditambah lagi empat tim peringkat tiga terbaik juga berhak maju ke putaran berikutnya. Laga penyisihan grup rencananya akan dimulai pada 10 Juni mendatang.