Inil Alasan Mengapa Era Emas Spanyol Dianggap Telah Berakhir

spanyol

Kejutan terjadi pada laga pembuka yang mempertemukan Spanyol kontra Belanda, dimana Tim Oranje membabat habis sang juara bertahan dengan skor telak 5-1, pada laga yang berlangsung Sabtu (14/6) dinihari. Kekalahan memalukan ini membuat La Furia Roja terdampar di posisi buncit Grup B.

Meski masih menyisakan dua laga sisa untuk bisa tampil di fase knouck out, namun kekalahan atas Belanda dinilai sebagai akhir dari era emas Timnas Spanyol.

Seperti dilansir salah satu media, banyak kesalahan yang dilakukan Vicente Del Bosque, sehingga membuat langkah Spanyol dianggap telah terhenti. Berikut kesalahan alasan mengapa era emas Spanyol dianggap telah habis usai dibekuk 1-5 oleh Belanda.

1. Terlalu Mengandalkan Casillas

Casillas menjadi salah satu biang kekalahan telak Spanyol atas Belanda. Beberapa kesalahan dilakukan kiper Real Madrid itu sehingga berujung pada lahirnya gol bagi tim lawan. Salah satu kesalahan Del Bosque adalah terlalu mengandalkan sosok Casillas, padahal dua kiper lainnya yakni David De Gea dan Pepe Reina tampil mengesankan bersama klub mereka musim lalu.

2. Terlalu Mengandalkan Pemain Asing

Memiliki segudang teleta berbakat, Spanyol justru berharap lebih kepada penyerang kelahiran Brazil, Diego Costa. Dan di laga kontra Belanda, penyerang Atletico Madrid itu tampil jauh dari kata memuaskan.

3. Rapuhnya Lini Pertahanan

Bobolnya gawang Casillas sebanyak lima gol, seakan membuktikan bahwa Spanyol lupa bagaimana cara bertahan. Itu bisa dilihat bagaimana Robin van Persie dan Arjen Robben dapat dengan leluasa menembus lini pertahan La Furia Roja.

4. Lini Depan yang “Tumpul”

Lini depan Spanyol bisa dibilang “tumpul” dalam hal mencetak gol. Bisa dilihat Fernando Torres dan Diego Costa, yang gagal mencetak gol bahkan tidak berkutik oleh bek-bek Belanda.