Kuyt Pensiun Dari Timnas Belanda

dirk kuyt

Sepertinya 104 penampilan dianggap sudah cukup bagi Dirk Kuyt untuk mengabdi kepada tim nasional Belanda. Oleh karena itulah Kuyt mengambil keputusan untuk pensiun dari De Oranje.

Kuyt, kendati masih kalah pamor dibandingkan dengan Robin van Persie, Arjen Robben dan Wesley Sneijder yang menjadi rekan satu angkatan, namun dirinya tetap dinilai sebagai pahlawan atas kontibusinya untuk ‘Si Oranye’.

Sebagai pemain profesional, Kuyt terbilang biasa-biasa saja tapi kerja keras dan semangat tingginya mendapat pujian dari banyak kalangan. Maka dari itulah Kuyt mendapat julukan ‘Mr Duracell’ yang artinya tahan lama kala masih membela Liverpool.

Akan tetapi Kuyt menyadari usianyakini yang sudah tidak muda lagi yaitu ’34 tahun’ membuatnya sangat sulit bersaing dengan wajah-wajah muda di barisan depan. Setelah mengadakan diskusi dengan Guus Hiddink, punggawa Fenerbache itu memilih pensiun.

“Sebenarnya saya masih ingin memberikan tenaga di lapangan namun pelatih tidak tahu bagaimana menempatkan saya secara reguler. Alasan itu yang membuat saja berpikir pensiun adalah keputusan terbaik,” ujar Kuyt kepada De Telegraaf seperti dikutip Reuters.

“Hal mudah jika gantung sepatu usai anda melewati Piala Dunia dengan baik, namun saya masih merasa sangat bugar. Pertandingan menghadapi Republik Ceko menjadi bukti jika pemain muda lebih diprioritaskan di lini depan. Usia 34 tahun, sudah tak ada waktu lagi untuk melewatkan 1-2 di bangku cadangan,” sambungnya.