Legenda Bayern Munich Dan Jerman Menderita Alzheimer

Der Bomber akan memasuki usia 70 tahun di bulan depan
Gerd Muller tengah menjalani pengobatan untuk penyakit Alzheimer

Legenda Bayern Munich dan Jerman, Gerd Muller tengah menjalani pengobatan untuk penyakit Alzheimer yang dideritanya.

Dijuluki ‘Der Bomber’, Muller, yang akan memasuki usia 70 tahun di bulan depan, mencetak 68 gol dalam 62 pertandingan untuk negara yang saat itu masih merupakan Jerman Barat, dan mencetak lebih dari 650 gol dalam karirnya di klub profesional. Penyakit Alzheimer adalah sejenis kepikunan yang menyebabkan masalah dengan ingatan, kemampuan dan perilaku. “Gerd Muller adalah salah satu yang terbaik sepanjang masa di dunia sepakbola,” kata Direktur Utama Bayern, Karl-Heinz Rummenigge.

Muller memenangkan penghargaan sepatu emas untuk 10 gol yang dicetaknya di Piala Dunia 1970 dan mencetak gol kemenangan di final Piala Dunia 1974, saat Jerman Barat mengalahkan Belanda dengan skor 2-1 di Munich. Dia memegang rekor untuk gol terbanyak dalam satu tahun kalender setelah mencetak 85 gol pada tahun 1972 sampai Lionel Messi melampaui total golnya pada tahun 2012.

Rummenigge menambahkan: “Mungkin tidak akan pernah ada lagi pencetak gol lain seperti Gerd, namun meskipun semua kesuksesannya, dia selalu bersikap sangat rendah hati dan pendiam, hal itu sangat membuat saya terkesan. “Dia adalah rekan setim dan teman yang fantastis. Gerd akan selalu mendapat tempat dalam keluarga Bayern. “Setelah ia mengakhiri karir bermain nya, ia membawa pengalamannya sebagai pelatih pemain muda ke klub, membantu menentukan para pemain seperti juara dunia Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger dan Thomas Muller, dan kami juga berterima kasih kepadanya untuk ini.”

Der Bomber

Dalam 62 pertandingan untuk Jerman, Muller mencetak 68 gol. Rekor itu dipecahkan oleh Miroslav Klose di Piala Dunia 2014, yang telah mencetak 71 gol. Ini termasuk 14 gol di Piala Dunia, urutan ketiga dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa di belakang Klose (16) dan Ronaldo Brasil (15).