Menanti Pertarungan Kiper Nomor 1 United

Victor Valdes baru saja diikat kontrak Manchester United sejak belum memiliki klub pada musim panas lalu. Menjalani latihan bersama dengan United selama masa penyembuhan ternyata memberi berkah tersendiri untuk kiper berkepala plontos itu.
david de gea
Lalu kini muncul pertanyaam, bagaimana nasib David De Gea yang selama ini menjadi kipert utama Setan Merah? Apalagi Valdes siap bersaing dengan De Gea di mistar gawang United. Kontrak De Gea yang tinggal menyisakan 18 bulan juga terancam lantaran Real Madrid sedang mencari pengganti Iker Casillas Iker Casillas.

Terlepas dari semua isu yang berterbangan, dua penjaga gawang Spanyol ini memiliki tipe berbeda. Trinity Mirror Data Unit telah sudah merilis statistik bagiamana kiprah Valdes di musim terakhir bersama Barcelona dengan De Gea sejauh musim ini.

Terlihat De Gea cukup sedikit membuat penyelamatan dalam 90 menit pertandingan Premier League dibandingkan Valdes di La Liga walau selisihnya sangat tipis. Rata-rata eks kiper Atletico Madrid membuat 2,2 penyelamatan, sementara Valdes 2,7.

De Gea sukses menepis bola yang mengarah padanya dengan presentase 63 persen, sedangkan Valdes unggul lagi dengan 77 persen. Namun bila merujuk catatan clean sheet, De Gea gantian unggul dengan rata-rata 300 menit musim ini berbanding 190 menit milik Valdes.

Meski demikian, kit ajuga harus mempertimbangkan dua klub yang dua pria ini perkuat. Valdes merupakan kiper Barca yang jarang sekali mendapat ancaman dari para lawannya. Di lain sisi, De Gea harus jungkir balik mengamankan gawang United musim lalu yang kini sudah mulai membaik.