Michel Platini Mengundurkan Diri Dari Bursa Calon Presiden FIFA

Michel PlatiniSebagaimana dilansir oleh Associated Press, Michel Platini diyakini bakal fokus melakukan pembelaan diri terhadap tuduhan yang ditujukan kepada dirinya terkait kasus dana gelap beberapa tahun silam.

Seperti diketahui, Michel Platini memang ikut meramaikan bursa pencalonan Presiden FIFA sejak tahun lalu. Keputusannya untuk ikut terjun didasari oleh saran dan dukungan dari sejumlah pihak, disusul juga oleh keputusan Sepp Blatter untuk mundur dari jabatannya sebagai orang nomor satu di FIFA. Namun sayang, di tengah-tengah persiapan pencalonan diri tersebut, justru ada kasus terbongkar terkait dengan sang Presiden UEFA. Platini dituding terlibat dalam penerimaan dana Gelap atau dana Ilegal dari Sepp Blatter, Presiden FIFA beberapa tahun silam.

Sebenarnya, tudingan ini masih belum terbukti, dan Platini masih bisa mengajukan banding atau melakukan pembelaan diri bahwa dirinya tidak bersalah, karena itulah dia masih bisa mencalonkan diri pada bursa Capres FIFA yang rencananya akan digelar pada kongres besar 26 Februari mendatang. Namun, menurut informasi yang dirilis oleh Associated Press, Michel Platini akhirnya memilih mundur dari bursa pencalonan Presiden, hal tersebut dia lakukan karena ingin fokus melakukan pembelaan terhadap tudingan yang ada.

Sebelumnya, pihak Komite Eksekutif FIFA telah melayangkan sanksi suspensi selama 9 tahun kepada Legenda Prancis dan Juventus tersebut, namun sanksi tersebut berpeluang berkurang, atau bahkan dihapuskan jika yang bersangkutan terbukti tidak bersalah.