Nigeria Juara Dunia Lagi

nigeria u17Jangan remehkan timnas Nigeria U-17. Mereka baru saja menorehkan sebuah prestasi mentereng di jagad sepakbola dunia. Timnas Nigeria U-17 baru saja menjuarai turnamen sepakbola sejagad, Piala Dunia U-17.

Memang terlihat sangat kontras dengan prestasi timnas seniornya. Jika di level senior, timnas Nigeria memang tak mampu berbicara banyak di ajang Piala Dunia. Nigeria paling banter hanya mampu lolos ke babak 16 besar. Itu pun sudah dianggap hasil yang sangat baik. Dalam beberapa periode, timnas senior Nigeria bahkan gagal lolos ke putaran final.

Namun semua itu tidak berlaku untuk skuad mudanya. Tim Elang Afrika ini berhasil menjadi juara setelah dalam partai final berhasil mengalahkan Timnas Mali U-17 dengan skor 2-0. Hebatnya lagi trofi tersebut merupakan yang kedua kalinya secara beruntun bagi timnas muda Nigeria. Hal tersebut menjadi catatan sejarah baru bagi Nigeria.

Selain menjadi yang terbaik di turnamen tersebut, Nigeria pun menyumbangkan satu pemainnya menjadi pemain terbaik. Ia adalah Victor Osimhen. Tak hanya menjadi pemain terbaik, Victor Osimhen juga mendapat Adidas Golden Boot. Selain Osimhen, rekan senegaranya, Kelechi Nwakali juga mendapatkan plakat yang sama.

Hasil manis tersebut juga menambah koleksi gelar timnas Nigeria U-17. Total sudah ada 5 gelar bergengsi yang berhasil diraih oleh Nigeria. Dan hebatnya lagi dalam lima penyelenggaran Piala Dunia terakhir, skuad Nigeria muda berhasil merengkuh tiga gelar Piala Dunia. Keberhasilan itu tak luput dari sang ahli taktik, Emmanuel Amuneke.