Pelatih Legendaris Bundesliga Telah Tutup Usia

Sepakbola Jerman sedang dilanda duka, bukan tentang keterpurukan Borussia Dortmund yang tak kunjung membaik, tapi tentang salah satu pelatih Legendaris mereka, Udo Lattek yang telah meninggal dunia di usia 80 tahun tepat pada rabu kemarin, 4 Februari 2015 kemarin. Menurut informasi yang kami dapatkan, sang Legenda telah menderita penyakit Parkinson dan beberapa kali mengalami stroke jelang akhir hidupnya.
Udo Lattek
Sekedar informasi, pelatih Legendaris ini merupakan pelatih terbaik di era tahun 70-an, dia mengantarkan Bayern Munchen jadi salah satu klub penguasa dunia pada masa itu. Bahkan sampai sekarang belum ada pelatih yang mampu menyamai rekornya sebagai pelatih dengan titel bundesliga Jerman terbanyak, yakni delapan trofi, enam diantaranya saat menangani Bayern Munchen dan dua trofi lagi ketika bersama borussia Monchengladbach.

Awal mula kisah sukses Udo Lattek adalah ketika masih menjadi asisten pelatih di Tim Nasional Jerman. Dia kemudian ditunjuk Bayern Munchen untuk menangani klub atas saran dari Legenda klub tersebut, Franz Beckenbauer. Padahal ketika itu Udo Lattek tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam dunia kepelatihan, dia hanya menghabiskan lima tahun karirnya sebagai asisten pelatih di Tim Nasional Jerman. Tapi saran Beckenbauer benar terbukti, dia jadi salah satu pelatih tersukses dalam sejarah Bundesliga khususnya Bayern Munchen.

“Udo Lattek adalah salah satu pelatih Timnas Jerman yang paling skses. Selama bertahun-tahun, dia juga mnejadi salah satu karakter besar dalam dunia olahraga, dan dalam skala Nasional juga Internasional. Kami merasa amat kehilangan salah satu sosok besar Bayern Munchen, seorang Suporter dan teman” Papar Karl-Heinz Rummenige sebagai CEO Klub Bayern Munchen.