Sepatu Bersejarah Mario Gotze Terjual 2 Juta Euro

Mungkin, bagi Mario Gotze, sepatu yang dia kenakan pada partai Final Piala 2014 kemarin adalah sepatu paling bersejarah di sepanjang karirnya sebagai pesepakbola. Bagaiman tidak, sepatu itu telah dia gunakan untuk membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014, lantaran seperti yang kita tahu Gotze adalah pencetak gol semata wayang dalam laga pamungkas kontra Argentina itu di babak perpanjangan waktu. Berkat sepakan setengah voli dengan kaki kirinya, Gotze sukses menaklukan Sergi Roberto dan membuat jerman merengkuh trofi Piala Dunia 2014.

Gotze sendiri memutuskan untuk melelang sepatu sebelah kiri yang ia gunakan itu, tapi dengan tujuan mulia, hasil lelangnya nanti digunakan sebagai keperluan amal. Rupanya, sepatu bersejarah itu telah berhasil menarik perhatian para konglomerat, dan setelah pelelangan selesai, sepatu itu laku sebesar 2 Juta Euro atau setara dengan 30 Milyar Rupiah. Seluruh uang tersebut nantinya akan langsung disumbangkan kepada yayasan yang membantu anak-anak kurang beruntung di Jerman.

“Saya tidak pernah bermimpi sampai bisa mencapai angka itu. 2 Juta Euro adalah jumlah yang sangat besar, dan yang lebih baik adalah uang tersebut digunakan demi tujuan yang mulia” Papar Niko Knochenchauer selaku penggagas pelelangan ini kepada media Jerman.

Gotze sendiri sempat bercerita tentang sepatu ini, dia tidak pernah mencucinya sejak partai final itu, menyimpan dengan baik di rumah, sampai-sampai masih ada rumput yang menempel .

“Andre Schurrle memberikan saya umpan yang sangat bagus sampai saya berhasil mengontrolnya dengan dada, lalu entah bagaimana bola itu masuk ke gawang. Saya tidak pernah mencucinya sama sekali, bahkan masih ada rumput yang menempel di sana. Saya sudah menyimpannya dengan baik di rumah” Ujar Gotze.