Serbia Dan Albania Terancam Sanksi Berat UEFA

serbia vs albania

Otoritas Tertinggi Sepak Bola Eropa yakni UEFA resmi akan menghukum dua negara yang berada dibawah penguasaan mereka, antara lain Serbia dan Albania. Adapun hukuman tersebut berkaittan dengan insiden yang terjadi dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Euro 2016 yang berlangsung Kamis dinihari (16/10). Kerusuhan bukan hanya terjadi di antara penonton saja, tapi juga antar pemain, Tuan Rumah Serbia dan Albania, sampai-sampai pertandingan tersebut harus dihentikan dan ditunda.

Awalnya, pertandingan berlangsung kalem, tapi belum sampai 15 menit, kerusuhan demi kerusuhan sudah mulai bermunculan. Puncak nya adalah ketika sebuah pesawat tanpa awal dengan membawa spanduk dukungan untuk Albania mendarat di tengah Stadion Partizan, salah satu pemain Serbia langsung membawa Spanduk tersebut keluar dari lapangan. Kerusuhan berlanjut dengan adanya dorongan antar pemain kedua pemain.

Akibatnya, Pertandingan tersebut pun dihentikan, dan resmi ditunda sampai situasi membaik bebepa hari ke depan.

UEFA lantas menghukum pihak Tuan rumah Serbia dengan beberapa pelanggaran, antara lain pelemparan benda-benda keras oleh Suporter mereka ke dalam lapangan, aksi suporter mereka yang turun ke Lapangan, sedangkan yang terakhir adalah buruknya keamanan dalam stadion. Sedangkan untuk Albania, Pihak UEFA menurunkan sanksi berupa Pesawat tanpa awal dengan Spanduk yang mendarat di tengah lapangan, serta menolak untuk lanjut bermain.

“Kasus ini akan ditangani khusus oleh Komite Disiplin kami, etik dan Kontrol, pada tanggal 23 Oktober mendatang” Demikian rilis pernyataan resmi dari pihak UEFA.

Sejauh ini belum diketahui sanksi apa yang akan didapatkan kedua tim Nasional itu, yang jelas sanksi tersebut pasti berat mengingat pelanggaran yang masuk dalam kategori ‘berat’ juga.