Siapakah Yang akan Menjadi Striker Utama De Oranje?

hunterlaar van persie belanda

Teka-teki siapakah diantara Klaas-Jan Huntelaar dan Robin van Persie yang bakal mengisi pos striker utama tim nasional Belanda terus mencuat akhir-akhir ini. Apakah menjadi milik Huntelaar yang tak berbuat banyak pada Piala Dunia 2010, ataukah Van Persie yang musim ini terlalu banyak menghabiskan waktunya di ruang perawatan?

Pada gelaran Piala Dunia di Afrika Selatan pada tahun 2010 lalu kala Belanda menembus babak final, Huntelaar cuma bermain empat kali itupun semuanya berangkat dari bangku cadangan. Dia juga hanya menyumbangkan sebiji gol saja.

Dua tahun berselang tepatnya di turnamen Piala Eropa, situasi ini tetap tak berubah untuk Huntelaar. De Oranje lebih memilih RvP sebagai ujung tombak, terbukti striker klub Schalke 04 ini hanya bermain dua kali di fase grup lewat bangku cadangan.

Barulah di pertandingan ketiga ia diturunkan sebagai starter dan bermain penuh di dua babak. Akan tetapi Belanda sudah terlanjur tampil dibawah form terbaik dan kalah beruntun dari Denmark, Jerman, dan Portugal sehingga terdepak lebih cepat.

Huntelaar mengalami cedera di paruh pertama musim, melakukan comebacknya dengan sempurna pada Januari tahun ini. Dia pun masuk dalam skuad sementara yang dipilih oleh manajer Louis van Gaal. Hanya saja apakah dirinya tetap menjadi pelapis atau reguler masih belum diketahui.

“Saya berharap bisa tampil lebih banyak dan memberikan kontribusi maksimal kepada tim. Sudah pasti Van Persie juga akan bermain sebagai penyerang, namun saya rasa kami perlu harus berduel secara langsung,” tutur Huntelaar kepada situs resmi FIFA, perihal kans dia merebut posisi Van Persie.

Di level internasional bersama timnas Belanda, Huntelaar sudah mengumpulkan 60 caps dan menyumbangkan 34 gol. Di Piala Dunia nanti, anak asuh Louis Van Gaal berada di grup nerakan bersama Spanyol, Chile, dan Australia.