Soal Suap kepada Asosiasi Irlandia, FIFA Angkat Bicara

Awalnya, dana itu akan dikembalikan Jika Irlandia Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2014 kemarin, tapi sayang mereka gagal, jadi dana tersebut tak dianggap sebagai pinjaman lagi alias Lunas.
fifa
CEO Asosiasi Sepakbola Irlandia (FAI), John Delaney mengungkap kasus suap yang dilakukan FIFA kepada FAI pada tahun 2010 Silam. Suap ini berawal dari kegagalan Irlandia melangkah ke Putaran Final Piala Dunia tahun 2010 silam, dimana mereka kalah dari Prancis di babak Play-off berkat gol kontroversial yang berawal dari handsball Thierry Henry. FAI Sempat melayangkan tuntutan hukum kepada FIFA, namun akhirnya mereka berdamai setelah FIFA memberikan sejumlah dana kepada FAI.

Apa yang diungkapkan John Delaney memang tak salah, dan hal itu dikonfirmasi FIFA secara resmi.

“Pada tanggal 18 November 2009, berlangsung partai Play off antara Prancis melawan Irlandia yang memperebutkan tiket ke putaran Final Piala Dunia 2010. dalam laga tersebut, Handsball Thierry Henry mengawali terjadinya gol ke gawang Irlandia dan mereka akhirnya gagal lolos ke Piala Dunia”

“Keputusan wasit tentu merupakan keputusan Final, dan FAI akhirya menerima keputusan tersebut. Lalu FIFA mencapai keputusan dengan FAI untuk menyudahi tuntuntan yang mereka layangkan kepada kami. FIFA setuju memberikan FAI Pinjaman sebesar 5 Juta dollar untuk membangun sebuah stadion di Negara mereka, di saat yang sama, UEFA juga memberikan dana kepada FAI”

“Perjanjian antara FIFA dan FAI adalah pinjaman tersebut dikembalikan andai Irlandia Lolos ke Piala Dunia 2014, tapi mereka gagal lolos,oleh karenanya, serta memandang situasi finansial yang dialami FAI, FIFA memutuskan untuk menghapus pinjaman itu per tanggal 31 Desember 2014” Ungkap FIFA.